INSERT TABLE DAN HEADER
Program MS Word juga menyediakan beberapa
fasilitas untuk membuat table yakni fasilitas Insert Table, Draw Table, dan Excel Spreadsheet. Penggunaan masing – masing
fasilitas ini pun cukup mudah. Kita bisa memilih
salah satu fasilitas tersebut sesuai dengan kebutuhan. Yang pertama kita akan
mencoba dengan Fasilitas Insert Table, fasilitas ini menyediakan dua pilihan
cara untuk membuat Tabel. Cara pertama memiliki langkah
yang lebih pendek dan ringkas, sedangkan cara yang kedua membutuhkan langkah
yang sedikit lebih banyak. Dan berikut ini adalah langkah – langkah penggunaan
fasilitas Insert Table.
1.
Pertama-tama masuklah ke dalam Tab Insert.
2.
Selanjutnya pilihlah perintah Table dan sorotlah kotak – kotak kecil yang muncul. Kotak – kotak
kecil ini mewakili jumlah kolom dan baris pada table yang hendak kita buat.
Gambar : Menyorot kotak-kotak kecil untuk membuat
tabel
3. Lantas
klik tombol kiri mouse kita pada kotak terakhir yang kita sorot yakni kotak di
sudut kanan bawah.
4. Setelah itu kita akan
mendapati tampilan awal table yang telah muncul pada slide presentasi.
Gambar : Tampilan awal Tabel
5.
Sementara itu bila kita ingin menggunakan cara kedua,
maka pilihlah kembali perintah Tabel dan klik opsi Insert Table.
Gambar : memilih opsi Insert Table
6. Atau kita klik ikon Insert Table yang terdapat di tengah slide.
Gambar : Memilih ikon Insert
Table di tengah slide
7. Pada kotak dialok Insert Table yang muncul, masukkanlah
jumlah kolom di kotak Number of columns
dan jumlah baris di kotak Number of rows untuk
table yang akan kita buat.
Gambar : Tampilan kotak dialok
Insert Table
8.
Jika sudah pilihlah tombol OK sehingga muncul bentuk
awal table di slide presentasi.
Cara membuat table berikutnya yaitu dengan menggunakan
fasilitas Draw Table atau menggambar
table bisa jadi merupakan fasilitas yang paling menyenangkan untuk membuat
sebuah table. Berikut ini cara penggunaannya.
1.
Pilihlah kembali perintah Table di Tab Insert dan
klik opsi Draw Table.
Gambar : Memilih opsi Draw Tabel
2. Selanjutnya klik dan drag
untuk membuat garis terluar table.
Gambar : Membuat garis terluar sebuah table
3. Selanjutnya pilihlah perintah Draw Table yang muncul pada Tab Design Table Tools, perintah ini akan
muncul bila sebuah tabel berada dalam keadaan aktif.
Gambar : Memilih perintah Draw Table
4. Kemudian buatlah garis
horizontal dengan cara klik dan drag dari sisi kiri ke sisi kanan.
Gambar : Tampilan sebuah garis
yang di buat dengan cara klik dan drag
5. Ulangi langkah ini sehingga
terbentuk baris – baris pada bentuk awal table tersebut.
6. Berikutnya buatlah garis
vertical dengan cara klik dan drag dari sisi atas ke sisi bawah.
7. Ulangi langkah ini sehingga
terbentuklah kolom – kolom pada bentuk awal table tersebut.
Gambar : Tampilan table yang
di buat dengan cara menggambar garis – garis
8. Sementara itu bila terjadi
kesalahan saat pembuatan garis – garis table, gunakanlah fasilitas Eraser Tool untuk menghapusnya. Caranya
pilihlah Eraser Tool pada Design Table Tool.
Gambar : Memilih Eraser Tool
9. Sesudah itu kita akan
mendapati bentuk kursor Mouse telah berganti bentuk menjadi sebuah penghapus.
Klik pada garis yang hendak di hapus untuk menghilangkan garis tersebut.
Dan cara terakhir untuk membuat table yaitu dengan
fasilitas Excel Spreadsheet, bila
kita membutuhkan sebuah table yang memiliki kemampuan untuk menghitung nilai,
maka sebaiknya tambahkanlah table Excel Spreadsheet. Dan berikut ini adalah
langkah – langkah untuk membuatnya.
1. Pilihlah kembali perintah
Table di Tab Insert dan klik opsi Excel Spreadsheet.
Gambar : Memilih opsi Excel Spreadsheet
2. Setelah itu kita akan
mendapati table Excel Spreadsheet yang berukuran kecil. Untuk membesarkan
ukurannya, klik di sudut kanan bawah table dan drag kearah kanan bawah.
3. Ketika sebuah tabel Excel Spreadsheet
telah di tambahkan dan berada dalam keadaan aktif, maka kita akan mendapati
Ribbon Excel muncul di jendela MS Powerpoint 2010 sehingga kita bisa
menggunakannya untuk mengolah data tabel Excel Spreadsheet.
Gambar : Menarik sudut kanan bawah table Excel
Spreadsheet
4. Apa bila kita melakukan klik
di luar table Excel Spreadsheet, maka table tersebut akan berada dalam keadaan
nonaktif. Untuk meng aktifkan kembali, klik ganda di dalam area table.
B.
Cara Membuat Header
Cara membuat atau menampilkan header pada
halaman Ma Word cukup mudah karena semuanya sudah tersedia sedemikian rupa
sehingga sangat mudah digunakan. Meski beberapa versi Ms Word menunjukan
perbedaan yang signifikan tetapi secara umum masih sama saja. Perbedaan
biasanya terletak pada letak atau penyajian menunya.
Dalam dokumen word, header adalah kalimat,
angka, atau gambar yang terletak di bagian atas dokumen dan terpisah dari
bagian isi. Biasanya, header dibuat agar memuat kalimat atau gambar yang sama
untuk semua halaman tetapi kita juga bisa mengaturnya agar header hanya tampil
di halaman depan atau berbeda untuk setiap halaman.
Berdasarkan pengerttian tersebut, maka kita
bisa mengetahui fungsi dari header itu sendiri. Pada dasarnya header berfungsi
untuk membuat cetakan yang berisi informasi tertentu dari bagian kepala.
Informasi tersebut dapat dibuat dalam bentuk tulisan ataupun gambar.
Ms Word bisa dibilang sangat lengkap karena
menyediakan berbagai model atau tipe header yang dapat kita pilih dan dapat
dengan mudah kita modifikasi sesuai keinginan. Hanya melalui beberapa langkah
sederhana kita sudah dapat menghasilkan header sesuai keinginan.
1.
Membuat Header Berlaku
untuk Semua Halaman
a.
Buka dokumen Word yang
ingin diberi header
b.
Klik menu insert >
header > pilih model header yang kamu butuhkan.
c.
Setelah header muncul,
ketik tulisan header sesuai keinginan.
d.
Untuk keluar dari area
header, klik dua kali.
e.
Untuk memodifikasi, klik
dua kali di bagian header maka akan muncul header footer tools.
f.
Gunakan menu design untuk
memodifikasi header sesuai keinginan.
2.
Membuat Header Hanya Tampil
di Halaman Pertama
a.
Buka dokumen Word yang
ingin diberi header
b.
Klik menu insert >
option > Different first page
Dengan mencentang different
first page, anda dapat menampilkan header hanya ada halaman pertama saja atau
pada setiap halaman dengan tulisan atau informasi yang berbeda di setiap
halamannya.
3.
Membuat Header Halaman
Ganjil Genap
Kita juga bisa membuat header dengan
model ganjil genap. Dengan pilihan ini, kita bisa membuat header yang berbeda
untuk setiap halaman ganjil dan genap. Dengan kata lain setiap halaman ganjil
akan memiliki header yang sama dan
setiap halaman yang genap akan memiliki header yanh sama pula.
Berikut langkah-langkahnya:
a.
Buka dokumen Word yang
ingin diberi header
b.
Klik menu Insert >
header > pilih model header yang diinginkan
c.
Jika header aktif maka akan
muncul header dan footer tools
d.
Lihat menu design >
option > Different Odd dan Even Pages
4.
Cara Menghapus atau Menghilangkan
Header
a.
Buka dokumen yang ingin
dihilangkan headernya
b.
Double klik pada bagian
header agar muncul header dan footer tools
c.
Pilih design > header
> remove header
Tidak ada komentar:
Posting Komentar